Jumat, 15 Januari 2010

Menangislah Jika Harus Menangis

Menangislah Jika Harus Menangis
INSPIRASIKU

Coba ingat sudah berapa lama anda tidak menangis? Mungkin sudah sangat lama sekali anda pernah menangis. Bagaimana perasaan anda ketika merasa sedih atau terluka, pasti anda malu untuk menangis karena takut orang berfikir bahwa anda cengeng? Anggapan itu harus dibuang jauh-jauh, menangis tidak selalu berarti buruk, karena menangis itu sehat, dan mungkin Anda harus tahu lebih banyak tentang menangis sepertinya halnya mengetahui apa itu stop dreaming start action

Menangis merupakan kebutuhan, baik bagi laki-laki maupun perempuan, seperti halnya manusia membutuhkan air putih. Sebab, ia mempunyai manfaat kesehatan yang cukup banyak dan beragam. Ia BUKAN merupakan bukti atas kelemahan atau tidak adanya kematangan, akan tetapi merupakan bentuk terapi kesehatan yang sangat bermanfaat. Ia dapat digunakan untuk mengatasi penyakit-penyakit yang sangat berbahaya dan bahkan penyakit yang sangat keras sekalipun.

Adapun beberapa manfaat Menangis:

1.
Menangis merupakan cara alami untuk mengusir unsur-unsur yang merugikan dan berbahaya dari dalam tubuh, yang dikeluarkan melalui air mata pada saat seseorang sedang mengalami kesedihan atau kekhawatiran. Menahan air mata berarti peracunan secara perlahan. Mengingat air mata itu mengeluarkan bahan-bahan beracun dari tubuh, maka menahan air mata berarti peracunan (toksikasi) secara perlahan di dalam tubuh.

2.
Menangis akan menambah jumlah detak jantung dan dapat dikategorikan sebagai latihan yang berguna bagi diafragma serta otot-otot dada dan kedua pundak. Setelah menangis, kecepatan detak jantung akan kembali normal, sehingga ia akan mengendur dan akhirnya muncul perasaan nyaman.

3.
Menangis mempunyai manfaat emosional, anda dapat merasa lebih santai dan lega setelah menangis, stres juga dapat dilepaskan ketika menangis, sehingga menangis memiliki dampak positif pada kesehatan mental dan emosional.

4.
Menangis sangat berperan dalam membersihkan mata kita dan juga berperan penting di dalam meringankan tekanan jiwa yang tersimpan, yang jika terus disimpan justru akan semakin memperparah berbagai jenis penyakit, seperti radang lambung, tekanan darah tinggi, serta peradangan pada selaput usus besar.

5.
Para ahli kedokteran jiwa berpendapat bahwa menangis itu sangat berguna untuk mengatasi ketegangan syaraf yang dialami oleh manusia modern sekarang ini, apalagi ketika harus menghadapi berbagai persoalan kehidupan sehari-hari. Dengan menangis, maka air mata sebenarnya akan membersihkan mata itu sendiri serta membuang muatan-muatan beracun yang ditimbulkan oleh ketegangan dan emosi yang terus bertubi-tubi.

6.
Air mata yang dikeluarkan melalui menangis akan membantu elastisitas gerakan kelopak mata bagian atas dan bawah, menjaga mata sebagai sebuah media untuk membersihkannya secara terus-menerus, sehingga ia pun menjaga mata dari kekeringan. Di samping itu, membantu mengusir setiap unsur yang bisa mengganggu mata, seperti cabai, asap, atau bahkan benda-benda yang padat seperti debu.

7.
Air mata juga aka mentransparankan kornea dan menjaga agar tidak kering. Ini merupakan faktor-faktor yang membantu kejelasan pandangan dan juga menjaga kekuatan dan akurasi pengelihatan.

8.
Bagi para pengguna komputer, karena pancaran radiasi komputer dan akomodasi berlebihan karena monitor komputer, disarankan untuk melakukan RULES OF 20. Apa itu RULES of 20? Yaitu setiap 20 menit dihadapan komputer, pejamkan mata selama 20 detik atau lemparkan pandangan ke arah jauh (minimal 20 feet). Hal ini untuk memberi kesempatan pada otot mata agar istirahat dari akomodasinya, dan juga memberi kesempatan berkedip (menutup mata) agar lapisan air mata dapat terbentuk.

Jadi ketika anda merasa tertekan, kecewa, sedih, marah atau emosi negatif apapun, anda harus mengambil langkah-langkah efektif untuk melepaskan rasa tersebut. Jadi, jangan menunggu sampai kesedihan menjadi depresi, menangislah bila diperlukan untuk menjaga tingkat stres dan meningkatkan kesehatan. Menangis bukalah suatu aib, menangis merupakan anugerah dari Tuhan yang diberikan untuk manusia.

Walaupun Inspirasi di atas saya ambil dari beberapa sumber namun tak lepas dari karakter kita semua, dan masih banyak yang lain dari anda...masukkan inspirai anda

Bonus mp3 Dawai Merindu



Yang penasaran ingin berteman Facebook Penulis Kerajaan Air Mata yaitu Ayano Rosie dan Arif Agus Bege'h disilahkan klik di masing masing nama, jangan lupa kirim pesan singkat dengan penutup Salam Blogger atau Salam Sastra, dan yang berkenan tukar link silahkan menuju postingan Exchane Link Otomatis.


Silahkan Baca juga Postingan berikut:

1 komentar:

MUXLIMO : 15 November 2011 10.51 mengatakan...

Salam kenal, Mas Arif Agus yang mencintai kata dan misteri keindahan makna yang disembuyikannya :)

Wah, saya termasuk yang tidak beruntung, Bang.. sudah lama tidak bisa menangis meskipun sedang sendiri dan ingin sekali ;_O

Padahal saya tidak menganggap menangis bagi lelaki adalah perbuatan cengeng, justru menangis adalah bagian dari fitrah anak-anak Adam, ya?! :)


Oleh sebab itu, suatu kali saya tumpahkan tangis saya ke dalam tulisan ini (mohon apresiasi dari penggiat sastra di sini, yaitu Mas Arif sendiri :D )
(link terhapus)

Oya, ketika pertama kali membaca tajuk "Kerajaan Air Mata", kesan pertama yang muncul di benak saya adalah ekspresi "ketegaran dan keberanian menimpali takdir dengan acungan kepal senyum tanpa menafikan arti air mata." :)


Silahkan Berkomentar

Silahkan berkomentar dengan bijak sesuai tema tulisan. Gunakan Name/URL untuk memudahkan saya merespon komentar Anda.

KOMENTAR

 

BLOG RANK

SESAMA BLOGGER